Monday, November 29, 2010

Hambatan Penegakan Ham yang bikin seret

Welcome sobat blogger..
Gimana kabarnya?  Sehat selalukan?
Hmm berbicara mengenai HAM, banyak pelanggaran yang terjadi disana-sini betul? Terlihat jelas dari para aktivis HAM yang kerap kali menyuarakan suara mereka. Yah.. untuk upaya penegakan HAM sendiri juga tidak semudah membalik telapak tangan. Banyak faktor-faktor yang menghambat penegakan HAM dan membuat penegakan HAM cukup tersendat juga (seret).

Dimulai dari faktor sosial budaya yang katanya gara-gara Stratifikasi dan Status Sosial temen-temen kita jadi sulit memperoleh pendidikan,keturun juga, ekonomi apa lagi yah itu karena masyarakat Indonesia ini multikompleks(Heterogen), Norma adat juga, apalagi kalau sudah menyinggung kedudukan, upacara adat, dan pergaulan, makin runyam deh. Ditambah lagi
konflik sesama, hanya gara-gara hal sepele, benar-benar gak mutu. Atau jangan-jangan masih ada orang yang sampai saat ini kalau istilahnya sih menutup mata terhadap HAM, kasihan banget.

Dari faktor komunikasi dan informasi alasannya Indonesia daerah geografisnya luas dengan laut, sungai, gunung yang membatasi komunikasi antar daerah, padahal TI sudah berkembang pesat, sudah ada internet,Hape juga sudah banyak yang bisa akses internet dengan harga terjangkau,TV hampir disetiap rumah ada. Iya sih memang tidak semua orang punya, ditambah lagi kalau yang rumah nya di daerah pelosok atau terpencil, tidak ada sinyal tuh,mirip dengan tempat tinggalku dulu hehehe.

Terus faktor kebijakan pemerintah yang kadang kala mengorbankan HAM atau peraturan perundangan yang membela HAM tapi masih sulit implementasiannya, bahkan dapat dimungkinkan dari faktor Aparat dan juga penindakannya ikut andil disini, gara-gara oknum aparat yang secara institusi atau pribadi mengabaikan prosedur atau karena ingin memperkaya diri, KKN, tindakan diskriminatif dari aparat dan sebagainya. Atau barangkali saking jengkelnya dengan HAM sampai-sampai para aktifis HAM dibunuh,,, ckckck parah bener… Padahal mereka memperjuangkan HAM orang banyak tuh…

Nah dari banyak faktor-faktor yang menghambat penegakan HAM, mari bersama-sama kita berupaya menguranginya sedikit demi sedikit. Jika diumpamakan ada 30 hambatan dengan usaha bersama kita yang sungguh maka akan berkurang satu demi satu. Dan tetap percayalah pada suatu saat kita akan sampai pada jaman di mana HAM mendapat perlindungan yang baik, setiap manusia saling menghormati dan menghargai Hak orang lain. Dan itu semua dimulai dari diri kita dan juga tidak lupa Insya Allah.

Bagikan

Jangan lewatkan

Hambatan Penegakan Ham yang bikin seret
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.