Friday, April 18, 2014

Jalan Menyala, Andai Indonesia

Belanda memang andolen soal inovasi. Belajar dari berbagai pengalaman dalam menangani berbagai masalah, terutama soal Jalan. Betapa tidak, sudah menjadi masalah
umum dalam berkendara bila kita mengeluhkan soal penerangan. Penerangan menjadi segalanya di dalam kegelapan khususnya berkendara. Tanpa ada Penerangan, bayangkan berapa banyak angka kematian yang bertambah



Perkenalkan Metode penerangan baru yang diterapkan Belanda di  jalan raya. Aspalnya sengaja dibuat menyala, seperti ada stiker dengan teknologi glow in the dark yang tertempel di sepanjang marka jalan.

Pembangunan jalan raya itu memakan waktu bertahun-tahun. Saat akhirnya diperkenalkan ke publik, masyarakat menyambutnya antusias. Mereka merasa seperti berkendara di negeri dongeng.

Teknologi itu dirancang tim desainer yang dipimpin Daan Roosegaard. Ia menerapkan kombinasi cat dan bubuk cahaya. Hasilnya, saat gelap tiba, jalan memancarkan cahaya hijau selama delapan jam.

Mengutip Fox News, minggu ini penerapan pertama dilakukan pada jalan raya yang terletak 60 kilometer dari Amsterdam. Itu baru periode pengujian. Peluncuran resmi dilakukan beberapa minggu mendatang.

Rencananya, Roosegaarde akan melakukan terobosan lebih hebat. Jalanan juga akan dilengkapi sistem yang sensitif terhadap suhu.
Jika temperatur udara kurang bersahabat, ada peringatan berupa butir-butir salju raksasa yang muncul di permukaan jalan. Dengan begitu, pengendara bisa berhati-hati terhadap perubahan suhu.
Karya Roosegaarde itu, terinspirasi atas isu penggunaan energi berlebihan yang melanda dunia. Dengan mematikan lampu di jalan, pemerintah Belanda juga akan menghemat uang. (eh)
sumber viva news



Bagikan

Jangan lewatkan

Jalan Menyala, Andai Indonesia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.