Tuesday, September 20, 2016

Seminar Nasional Reformasi Birokrasi dan Kepemimpinan Transformasional




Seminar Nasional Reformasi Birokrasi  dan Kepemimpinan Transformasional menuju tata kelola pemerintahan yang baik kelas dunia 2025 telah dilaksanakan di IPDN Kampus Sumatera Barat. Berbeda dengan Seminar-seminar yang pernah diadakan IPDN Kampus Sumatera Barat sebelumnya, Seminar kali dibuka dengan sambutan Gubernur Sumatera Prof. Dr.H. Irwan Prayitno, SPsi, MSc setelah sambutan Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat Drs. H. Ismail Nurdin, M.Si.
 
Dalam Sambutannya beliau menyampaikan dukungan Provinsi Sumatera Barat terhadap Program Reformasi Birokrasi yang dicanangkan oleh Kemen PAN dan RB. Selain itu beliau juga menyampaikan masalah-masalah yang dihadapi Indonesia terutama Sumatera Barat dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Pokok-pokok masalah yang beliau sampaikan antara lain : masalah Sumber Daya Manusia, Dukungan Pemimpin Daerah, Sistem sebagai alat pendukung Reformasi Birokrasi serta masih banyak lagi. Seminar dimoderatori oleh Drs.Rusdi Lubis, M.Si dengan  narasumber Kepala  LAN RI Prof. DR. Agus Dwiyanto, MPA dan Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri Prof. Dr. Sadu Wasistiono, M.S.
Paparan pertama oleh Prof. DR. Agus Dwiyanto, MPA mengenai Urgensitas Konsep Grand Desain Reformasi Birokrasi sebagai Panduan Kebijakan dan Implementasi Reformasi Birokrasi Agar Efektif, Efisien, Terukur, Konsisten, Terintegrasi, Melembaga, dan Berkelanjutan. Disusul paparan dari Guru Besar IPDN Prof. Dr. Sadu Wasistiono, M.S mengenai perbandingan Undang-Undang Kepegawaian termasuk juga UU ASN. Profesor Sadu mengemukakan Teori-Teori Manajemen Kepegawaian dikaitkan berbagai bentuk kelemahan undang-undang kepegawaian di masa lalu beserta sisi positif dari UU ASN.
Antusiasme Peserta Seminar sangat tinggi dapat dilihat dari banyaknya peserta yang menyampaikan sumbangsihnya dalam seminar baik berupa pertanyaan maupun tanggapan. Inti kesimpulan dalam seminar ini antaralain optimisme Indonesia untuk mengejar ketertinggalan dengan negara lain dengan Reformasi Birokrasi dan Peningkatan kualitas Aparatur Negara untuk Indonesia yang lebih baik kedepannya.
sumber : www.majalahbakaba.com

Bagikan

Jangan lewatkan

Seminar Nasional Reformasi Birokrasi dan Kepemimpinan Transformasional
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.